Ulun Danu Beratan Temple

the entrance gate
Suka merhatiin gak uang IDR pecahan Rp 50.000,-?? Nah kali ini gw berkesempatan mengunjungi pura yang ada di gambar pecahan uang Rp 50.000,- yaitu Pura Ulun Danu yang terletak di Danau Bratan, Kawasan Bedugul.

mystical mountain as a background
Kalau kamu bosan liat pantai melulu di Bali, Danau Bratan dan Pura Ulun Danu ini bisa jadi pilihan liburan santai kamu karena di sini suasananya lebih tenang dan lebih adem.

The Beautiful Temple
Berada di ketinggian 1.200 mdpl, kawasan Danau Bratan beriklim sejuk. Objek wisata ini terbilang lengkap karena dikelilingi oleh gunung, danau yang luas, dan di tengah-tengahnya ada Pura Ulun Danu yang eksotik.


Kalau pergi dari arah Kuta kesini, cukup jauh juga dan jalannya cukup berliku-liku dan naik-turun. Tapi di sepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan yang indah khas pesawahan.


Pura Ulun Danu Bratan, or Pura Bratan, is a major Shivaite and water temple on Bali, Indonesia — the other major water temple being Pura Ulun Danu Batur. The temple complex is located on the shores of Lake Bratan in the mountains near Bedugul. Water temples serve the entire region in the outflow area; downstream there are many smaller water temples that are specific to each irrigation association (subak).


Pura Ulun Danu dibangun pada tahun 1663 sebagai tempat pemujaan kepada Dewi Air, Danau, dan Sungai yaitu Sang Hyang Dewi Danu. Tiket masuk objek wisata Pura Ulun Danu dan Danau Bratan ini cukup murah hanya Rp 10.000,- (update 2014)


anggie and adis


Built in 1663, this temple is used for offerings ceremony to the Balinese water, lake and river goddess Dewi Danu, due to the importance of Lake Bratan as a main source of irrigation in central Bali. The 11 stories of pelinggih meru dedicated for Shiva and his consort Parvathi. Buddha statue also present inside this temple.

Lake Bratan is known as the Lake of Holy Mountain due to the fertility of this area. Located 1200 m above sea level, it has a cold tropical climate.



Bukan hanya melihat arsitektur Pura, tapi di Danau Bratan ini kita juga bisa melakukan aktivitas lain seperti bermain perahu air, berfoto narsis ria, bermain layangan di lapangan terbuka, atau sekedar bersantai sambil membaca buku di pinggir danau. Beberapa turis asing pun terlihat duduk santai atau berbaring di pinggir danau menikmati iklim sejuk Danau Bratan.




Lain kali kalau mau ke Pura Ulun Danu jangan lupa bawa tikar, makanan ringan, dan buku untuk bahan bacaan. Sambil piknik dan baca buku ditemani pemandangan indah dan eksotik Danau Bratan dan Pura Ulun Danu, angin sejuk sepoi-sepoi, pokoknya tempat ini cocok untuk menghilangkan stres.



uu~la~la~ I'm feel free~ ciao bella~ (ala mbak Syahrini)

2 komentar:

  1. Cerah ya mbak. April 2013 saya kemari malah mendung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini waktu kesana juga mendung, bukan mendung sih tp kabut dr gunung turun ke danau jadinya gunungnya gak keliatan tertutup kabut...

      Hapus