Gedung Dekranasda Jawa Barat


Ada yang belum pernah dengar apa itu Dekranasda? Sama. Kira-kira dua atau tiga bulan yang lalu saya masih asing dengan istilah Dekranasda ini. Ternyata Dekranasda adalah kependekan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah dan untuk daerah Jawa Barat gedung Dekranasda ini terletak di Kota Bandung, tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda No. 10 (sebelah The Harvest).

Produk-produk unggulan Jawa Barat
Gedung Dekranasda ini merupakan pusat 'gallery' bagi hasil-hasil kerajinan dari seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat. Ada berbagai macam jenis kerajinan dipamerkan di sini mulai dari yang berbahan kayu, bambu, keramik, bahkan clay dan kain batik.

Salah satu sudut di ruang pamer lantai satu 
Diresmikan di bulan April 2013 (belum begitu lama) Gedung ini memiliki tiga lantai dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Lantai pertama adalah ruang pamer dimana produk-produk kriya pilihan dari Jawa Barat dipamerkan dan dijadikan sebagai 'sample product' yang dapat dibeli tidak secara langsung namun memesan terlebih dahulu.

Salah satu produk kerajinan berbahan dasar clay

Salah satu produk kerajinan keramik



Sudut Cafe
Selain ruang pamer, lantai dasar juga dilengkapi fasilitas mushola, toilet, dan cafe yang sejuk untuk tempat bersantai dan berdiskusi.



Sudut perpustakaan umum
Di lantai dua ada perpustakaan kecil dan ruang pamer yang memuat hasil-hasil kerajinan dari tiap-tiap kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Display hasil kerajinan dari kota dan kabupaten di Jawa Barat

Sudut ruang terbuka

Suasana perpustakaannya sangat nyaman dan ada ruang terbuka yang memungkinkan kita melihat ke bawah ke arah cafe. Desain arsitekturnya bagus sekali ^^
Lantai tiga adalah 'office' dan pusat konsultasi seputar dunia kerajinan terutama mengenai HKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang biasanya terkait produk karya seseorang yang akan dikomersilkan.

Fasilitas umum


Front Office

Dekranasda bersama ASITA (Asosiasi Travel Agent Indonesia) Jawa Barat telah bekerjasama untuk menjadikan gedung Dekranasda ini sebagai destinasi wisata baru. Dan memang beberapa Dekranasda dari daerah lain terutama di luar Jawa Barat telah melakukan studi banding ke gedung ini untuk meneliti hasil-hasil kerajinan dari Jawa Barat. Inilah era industri kreatif.

Cafe tampak depan (pintu masuk)

Namun sangat disayangkan, salah satu gedung kebanggaan Jawa Barat ini kini seakan telah kehilangan pamornya. :( Sewaktu mengunjungi gedung ini, nampak jelas bahwa gedung ini telah lama sepi pengunjung. Cafe/Restaurant tidak lagi berfungsi, perpustakaan pun tutup, suasana sangat sepi padahal tempatnya nyaman dan strategis.

Padahal fasilitas yang disediakan bisa dimanfaatkan untuk event kecil-kecilan atau wisata edukasi anak-anak sekolah. Jadi selain mengunjungi Museum Geologi Bandung, mereka juga dapat informasi menarik lainnya di Gedung Dekranasda ini. Para staf-nya pun dapat diberikan bekal kemampuan untuk menjadi 'marketing communication' jadi tidak hanya datang ke kantor, santai-santai nunggu jam istirahat, lalu pulang -_- (khas pekerja PNS kurang kerjaan). Daripada seperti itu mungkin staf Dekranasda ini dapat diberikan 'job desk' untuk mengundang para stakeholder terkait industri kerajinan untuk meninjau produk hasil Jawa Barat, atau mengadakan event kecil-kecilan untuk meramaikan gedung ini (mungkin membuat 'calendar of event'). Sangat disayangkan, gedung bagus seperti ini dengan isinya yang begitu berharga namun luput dari perhatian masyarakat karena kurangnya sosialisasi. :( Dari buku tamu saja hanya ada beberapa pengunjung dalam bulan September ini, padahal umur gedung ini baru berjalan 6 bulan.


Untuk meramaikan, silahkan berkunjung ^^ :
Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Barat
(Jabar Craft Center)
Jl. Ir. H. Juanda No. 19 Bandung
022 4203914 / 022 4208779

7 komentar:

  1. wah, saya baru tahu nih,, tuh karcis masuknya berapa? :D

    BalasHapus
  2. Hi :) terimakasih sudah mampir..
    Tidak ada karcis ko, gratis masuk dan lihat-lihat :)

    BalasHapus
  3. bukanya dari jam berapa sampai berapa kak?ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo gak salah bukanya office hour, dari jam 9 pagi s/d jam 4 sore

      Hapus