Situ Patengan


Kalau berkunjung ke Kawah Putih di Bandung Selatan dan masih punya waktu luang, mending jangan langsung pulang tapi mampir dulu ke salah satu atraksi wisata yang letaknya ga jauh dari Kawah Putih. Namanya Situ Patengan yaitu sebuah danau yang berada di bawah perkebunan teh Rancabali.

Akses jalan menuju Danau/Situ Patengan
Setelah berfoto-foto di perkebunan teh Rancabali kami langsung menuju Situ Patengan tapi cuaca tiba-tiba hujan :( padahal sebelumnya cuaca sempat cerah. Alhasil foto-foto yang dihasilkan kurang maksimal.

Cuaca sedang gerimis :(


Perahu dayung yang disewakan untuk berkeliling pulau dan menuju situs 'Batu Cinta'


Tak berapa lama setelah hujan berhenti kami langsung menyewa perahu dayung untuk mengelilingi pulau yang ada di tengah-tengah danau dan menuju situs 'batu cinta' yang sudah popular.





Sesampainya di situs Batu Cinta ternyata hany seonggok batu dan monumen yang penuh dengan vandalisme :( padahal alamnya sudah bagus dan indah dan di tepi danau pun masih dikelilingi oleh kebun teh. Sungguh sangat disayangkan.

Mengenai pulau di tengah danau itu sendiri, menurut pemilik perahu di sana ada makam leluhur yang sering juga dikunjungi oleh penduduk setempat bahkan setahun terakhir ini sempat diadakan festival Situ Patengan. Semoga festival semacam itu dapat secara berkala diadakan yaa supaya menarik pengunjung juga. :)

Batu Cinta
Notes:

  • Akses menuju Situ Patengan dengan menggunakan kendaraan umum Bus atau Elf dari terminal Leuwi Panjang (Bandung) menuju terminal Ciwidey dengan tarif sekitar Rp. 6.000 dan dilanjutkan menggunakan angkot yang langsung menuju pintu masuk Situ Patenggang dengan tarif sekitar Rp. 10.000.
  • Tiket masuk per orang: Rp.6000, dan parkir Rp 2.000 (motor) Rp 5.000 (mobil) Rp 10.000 (bus)
  • Tarif untuk menyewa perahu adalah Rp 150.000 per perahu dengan kapasitas s/d 10 orang. Kalau anda jago nawar mungkin bisa dapat harga yang lebih murah :) dan awalnya si pemilik perahu akan menawarkan harga sewa yang lebih tinggi.

8 komentar:

  1. Indah ya, apalagi ketiga terakhir hehe

    BalasHapus
  2. Bagi anda yang ingin berkunjung di objek wisata situ Patenggang secara aman, nyaman, efektif dan efesien kami Megahrental sebagai salah satu rental mobil di bandung akan menjadi salah satu pilihan anda ketika anda ingin mengunjungi objek wisata tersebut, kami melayani keperluan rental mobil baik untuk pribadi, keluarga atau rombongan. kunjungi situsnya di http://megahrental.blogspot.com

    BalasHapus
  3. bagus kak artikelnya tentang batu cinta, saya
    pernah mendengar cerita batu cinta yang memang
    unik sih seperti film film korea padahal memang asli ada di jawa, oiya kak bener
    gak sih batu cinta itu ada aku pernah membaca
    disini sepertinya memang benar benar ada deh
    MustikaCinta.com

    BalasHapus