Panireman Riversider & Green Canyon Pangandaran


Pantai Selatan di Jawa Barat masih menjadi primadona wisata bahari-nya provinsi Jabar. Terbentang keindahan pantai selatan mulai dari Pangandaran sampai Ujung Genteng di Sukabumi. Pantai Selatan Pulau Jawa memang terkenal dengan cerita legenda Nyi Roro Kidul dan keganasan ombaknya, tapi dibalik itu semua ternyata pantai-pantai di sepanjang pantai selatan ini memiliki keindahan alam yang eksotis dan menghipnotis.

Kali ini perjalanan kami mengarah ke pantai selatan di Pangandaran, tapi tujuan utama kami bukan pantainya melainkan keeksotisan Green Canyon dan aktivitas seru yang ditawarkannya. Ada yang belum tau Green Canyon? Bukan. Bukan Green Canyon yang ada di Amerika (itu Grand Canyon) ^^ Green Canyon ini adalah salah satu primadona pariwisata Jawa Barat. Dulu termasuk wilayah Ciamis namun sekarang sejak Pangandaran memisahkan diri menjadi kabupaten maka Green Canyon secara administratif masuk kedalam wilayah Kabupaten Pangandaran.

on boat to Green Canyon

GTI team ^^


Green Canyon adalah gua buatan alam yang terbentuk karena aliran air Sungai Cijulang. Airnya yang jernih berwarna kehijau-hijauan menjadi cikal-bakal nama Green Canyon, penduduk setempat menyebut tempat ini Cukang Taneuh. Untuk mencapai lokasi gua Green Canyon harus menggunakan transportasi perahu lokal dari dermaga Cijulang.

bridge view in the middle of Cijulang River


Sesampainya di Green Canyon maka bersiap-siaplah untuk petualangan menjelajah gua menakjubkan ini dengan cara body rafting. Tenang saja karena semuanya aman. Pilihlah operator body rafting terpercaya sebelum berangkat atau saat berada di dermaga. Perlengkapan biasanya diberikan di dermaga atau di Green Canyon.

preparation: complete!!

pose dulu sebelum mulai body rafting ^^ w/ Janggala team






climb up to the highest stone :))
Untuk memudahkan acara body rafting maka pilihlah penginapan yang berlokasi di area Batu Karas, karena letaknya yang tidak begitu jauh dari dermaga menuju Green Canyon. Salah satu rekomendasi saya adalah Panireman Riversider yang letaknya dekat (sekali) dengan pintu masuk Batu Karas.


River view

Restaurant at Riversider

pintu masuk Panireman Riversider

Keunikan dari Riversider ini adalah letaknya yang langsung menghadap sungai Cijulang. Tema penginapan ini juga sangat unik, bertema adventure dengan fasilitas minimalis namun dengan view mempesona Sungai Cijulang. Selain menawarkan penginapan, Riversider juga menawarkan aktivitas seru lainnya. Try kayaking in the morning and feels like an adventurer~!! ^^

Ssssttt~ di sore hari menjelang senja, refleksi sungainya keren!! Waktu keren lainnya untuk menikmati refleksi Sungai Cijulang adalah di pagi hari saat belum ada aktivitas apapun :))

that reflection~!! >.<

finding a neverland ^^ by kayaking

















Jika masih punya waktu luang, maka sempatkan diri untuk melihat pantai. Ada dua pilihan: Pantai Batu Karas (best for learning how to surf) dan Pantai Pangandaran (agak jauh letaknya namun lebih ramai).

Batu Karas Beach in the afternoon




NOTES:
  • Panireman Riversider official website HERE. For reservation please call 022-912 10 577 / 0811 2272 032 / 0812 2058 7529
  • My recommendation for body rafting in Green Canyon operator: Janggala (Gani Janggala : 085 223 733 575, Didie Canyon  : 087 725 015 919)
  • Musim terbaik untuk mengunjungi Green Canyon adalah musim kemarau, best month: Juli - Agustus - Awal September. Bila hujan datang maka keesokan harinya air Green Canyon berubah warna menjadi coklat :(
  • Extra tips: bawalah persediaan lotion anti-nyamuk karena menginap di pinggir Sungai Cijulang dengan hutan palem yang lebat membuat kita harus berhadapan langsung dengan nyamuk-nyamuk ganas ^^ Tapi setelah lewat jam 7 malam, nyamuk-nyamuk sudah pergi <<< diberitahu pihak penginapan, lucu yah 'jam dinas' nyamuk-nyamuk ini ^^
  • Most pictures taken by Fuji X-e1 and Samsung S4 Zoom. Photographer : Ryan A.

2 komentar:

  1. potonya mantaf Gan,sebagian ijin share by admin Hotel Jabar

    BalasHapus
  2. Setelah seharian bermain di green canyon saat nya mencari penginapan,Berikut hotel dekat Hotel di Green Canyon

    BalasHapus