Kawah Putih


Tahukah Anda bahwa di ujung utara dan ujung selatan Kota Bandung ada kawah yang indah dan dapat diakses dengan mudah? Ya, di ujung utara Kota Bandung ada Gunung Tangkuban Parahu yang terkenal dengan Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas-nya. Sedangkan di ujung selatan Bandung ada Kawah Putih yang berada di Gunung Patuha. (Sila mampir di ulasan mengenai Tangkuban Parahu disini.)

Berkabut
Kali ini saya mau review tentang Kawah Putih di Gunung Patuha. Bicara soal gunung, kalau kita pergi ke Tangkuban Parahu ataupun ke Kawah Putih dengan menggunakan kendaraan, nuansa 'gunung' nya sedikit hilang karena dari pintu masuk ke mulut kawah kita tidak harus berjalan kaki mendaki gunung, melainkan cukup dengan menggunakan kendaraan saja baik itu roda dua atau roda empat.

Khusus di Kawah Putih tidak disarankan untuk membawa mobil sampai ke gerbang menuju mulut kawah meskipun ada tempat parkir yang memadai. Disarankan untuk menggunakan fasilitas mobil ontang-anting saja yang memang disediakan sebagai shuttle menuju dan kembali dari lokasi kawah.

Berpose
Kawah Putih di pagi hari yang cerah

Smile :)

Model: Icha (GTI)

Goa Belanda yang mengeluarkan belerang menyengat, hati-hati!
Sekeliling Kawah dikelilingi oleh hutan cantigi dan tidak jauh di sebelah kanan dari lokasi kawah, ada goa Belanda yang mengeluarkan bau tajam menyengat sehingga diperingatkan agar tidak berlama-lama berada di dekat mulut goa.
Kawah Putih aman dikunjungi (family friendly)

Tangga di kanan untuk turun ke kawah dan yang kiri untuk naik keluar dari kawah 
Akses menuju lokasi kawah dari pintu masuk cukup mudah dan meskipun jalan menuju kawah menurun namun karena dibuat tangga jadi tidak sulit untuk berjalan bersama-sama khususnya mereka yang membawa anak kecil.
Hati-hati!
Bila aktivitas di kawah sedikit meningkat atau bila pengunjung tidak kuat dengan bau belerang di Kawah Putih maka disarankan untuk menggunakan masker dan tidak berada di kawah selama lebih dari 15 menit. Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ada klinik di dekat information center yang selalu siap sedia membantu memberikan pertolongan pertama.
Area pemberhentian dan naik angkutan ontang-anting
Disarankan untuk menggunakan fasilitas mobil ontang-anting untuk menuju dan kembali dari lokasi kawah. Tarifnya cukup murah Rp 10.000 per orang dibandingkan dengan membawa mobil pribadi ke lokasi kawah.
Gerbang di kanan adalah pintu masuk menuju kawah, yang kiri menuju hutan cantigi

Information Center.
Ini bukan fotonya yang miring tapi memang bangunannya yang berdiri di tanah yang landai :)
Kawah Putih hingga saat ini berada dalam pengelolaan Perum Perhutani dan tiket masuk per orangnya sebesar Rp 15.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 30.000 untuk wisatawan mancanegara, namun jika menggunakan mobil sampai dengan gerbang menuju kawah di atas maka akan dikenakan biaya yang lebih mahal yaitu sebesar Rp 150.000/mobil. Di area parkir atas pun lahannya cukup kecil dan sempit dibandingkan dengan lahan parkir di pintu masuk bawah. Sedangkan untuk motor dikenakan biaya tiket masuk Rp 5.000/motor.

Notes:
  • Photos taken from Nikon D90 with some retouch :)
  • Bila keadaan lalu lintas lancar dan tidak macet, lama perjalanan dari Bandung ke Kawah Putih dapat ditempuh hanya 2 jam perjalanan menggunakan mobil.
  • Kawah Putih berdekatan dengan atraksi wisata lainnya seperti Kolam Air Panas Cimanggu, Kampung Cai Ranca Upas (dan Bumi Perkemahan Ranca Upas), Perkebunan Teh dan Pabrik Walini, Situ Patengan, dan Home Industry Bandrek Abah.
  • Jalan menuju kawasan selatan seperti Ciwidey tidak begitu lebar sehingga kendaraan besar seperti bus dan macrobus harus ekstra hati-hati melewatinya. (bottle neck road: tipe jalan yang lebar namun menyempit di ujung)
  • Belum ada sarana akomodasi berupa hotel berbintang di kawasan Ciwidey ini, kalaupun ada masih sebatas penginapan dan hotel non bintang seperti contohnya Hotel Abang yang terletak di Jl. Raya Ciwidey Patenggang KM.500 Telp. (022) 5928235 fax. (022) 5928429 yang terifnya terbilang murah.
  • Untuk paket tour Bandung Selatan maupun penyewaan transportasi dapat menghubungi Panghegar Tour Bandung di (022) 7535630

10 komentar:

  1. wih keren banget tuh, maha karya tuhan yg sungguh luar biasa

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah mampir :) Indonesia memang kaya dengan lukisan tangan Tuhan.

    BalasHapus
  3. Kawah putih memang keren banget (kayak cewek yg ada di foto) heheheh, wajib bawa foto untuk mengabadikannya

    BalasHapus
  4. Iya wajib juga mampir ke Situ Patengan, Rancaupas, dan Rancabali :) Trimakasih sudah mampir.

    BalasHapus
  5. Dari dulu mimpi pengen kesini ditambah banyak tempat kawah ini dijadikan sebagai lokasi syuting contoh nya film "Heart" by the way terima kasih informasi nya, Sangat bermanfaat buat yang belum pernah kesana ^_^ #SepertiSaya

    BalasHapus
  6. terimakasih sudah mampir :) jangan lupa juga mampir ke objwk wisata sekitar Kawah Putih seperti Situ Patengan dan Ranca Upas, ga kalah bagusnya...

    BalasHapus
  7. memang mantap berwisata kawah putih, seindah teteh yang ada di fotonya,,, senang kayanya kalau kita berwisata ke kawah putih beserta orang yang spesial di hati kita... :D

    BalasHapus
  8. terimakasih sudah mampir :) nanti disampaikan ke 'teteh' nya yaa :p

    BalasHapus
  9. Nama IG nya teteh icha apaan atuh vrohh

    BalasHapus