Dusun Bambu Bandung - When Bamboo Met Sophisticated Design

Pic taken from @explorejabar

Pic taken from @explorejabar
Gambar di atas bukan diambil di Kampung Sampireun Garut. Bukan.
Namanya Dusun Bambu. Terletak di Kabupaten Bandung Barat tepatnya di Desa Cisarua, Kolonel Masturi dekat objek wisata Curug Cimahi.

rangkaian bambu dekat area parkir
Sesuai namanya, restoran ini menggunakan bambu sebagai unsur utama arsitekturnya. Terlihat di pintu masuk dan area parkir kita bisa melihat rangkaian bambu yang ditata secara artistik baik itu sebagai suatu arsitektur atau gimmick.

Untuk masuk ke area Dusun Bambu ini kita dikenakan tiket masuk Rp 10.000,- per orang dan Rp 10.000,- lagi per satu mobil.

Area Dusun Bambu ini sangat luas (entah berapa hektar, yang jelas luaaaass sekali ^^) bahkan dari area parkir ke restorannya sendiri sampai harus menggunakan mobil wara-wiri yang disediakan pihak restoran.

Restorannya pun ada 4 buah dengan konsep dan tema yang berbeda. Yang pertama di awal adalah Purbasari. Dengan konsep seperti Kampung Sampireun, tiap satu 'rumah' Purbasari bisa menampung hingga enam orang. Cocok untuk makan-makan bersama keluarga.




Burangrang Restaurant
Selain Purbasari, ada juga Burangrang Cafe yang memiliki konsep lebih modern. Dengan arsitektur masa kini, Burangrang Cafe menawarkan view langsung ke sekitar Dusun Bambu dan kawasan Bandung di kejauhan.

Pengunjung bisa memilih untuk seat indoor atau outdoor. Areanya sangat luas dan bisa dipesan untuk event atau perayaan khusus.

Suasana yang tenang dan di tengah kawasan yang asri akan membuat kita betah berlama-lama bersantai di Restaurant ini.

Sayang, menu yang ditawarkan belum banyak dan didominasi oleh makanan Sunda. Sesuai namanya, Dusun Bambu, mereka mengusung konsep ke-Sunda-an.
Burangrang Cafe dilihat dari skywalk

inside the bird-nest
Selain dua retoran tadi, yang paling unik dan menarik adalah ini. Konsep 'bird nest' dari salah satu sudut restoran di Dusun Bambu. Setiap 'ruang makan' didisain berbentuk sarang burung yang membulat dan tergantung di udara. Untuk mencapainya kita bisa berjalan melalui 'skywalk'.

Tiap satu ruangan mungkin bisa muat sampai lima hingga enam orang.

Sayang, sepertinya 'bird nest' ini baru dibuka kalau ada permintaan tertentu saja. Tapi kita masih bisa berjalan-jalan melalui skywalk-nya hanya untuk menikmati udara segar dan berfoto narsis. :)









Sangkar Burung


rangkaian bambu di area front office

rangkaian bambu di depan Burangrang Cafe dan di bawahnya adalah batu kaca yang juga banyak digunakan sebagai dekorasi di area Dusun Bambu


view from Burangrang Cafe

dessert: panacotta coffee (puding dengan saus krim rasa kopi)


healthy juices: si geulis dan si bodas (terbuat dari wortel+strawberry dan nanas+lemon+madu)

Dusun Bambu saat ini sedang booming khususnya di dunia sosial media. Fenomena yang kerap terjadi bila ada tempat nongkrong baru dengan konsep yang unik muncul khususnya bila tempat itu bisa menjadi spot foto-foto paling bagus ;)

Destinasi menarik untuk berkumpul bersama keluarga atau teman di tengah suasana yang hijau, fresh-air, dan desain-desain yang modern namun masih mengusung konsep tradisional.


the bird-nest hanging in the air. from the skywalk view.
For more information and reservation:
Dusun Bambu
p.    022 - 82782020
f.     022 - 82782021 / 022 - 82782019

1 komentar:

  1. Hai teman-teman jika main ke Bandung jangan lupa kunjungi wisata Kawah Putih
    Ciwidey

    BalasHapus