Geology Museum, Bandung - West Java

18 May 2013, Sabtu ini Museum Geologi Bandung punya gelaran khusus namanya STEAM Fest 2013 (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics Festival) yang FREE dan bebas dikunjungi siapapun. Acara ini berlangsung di tanggal 18 Mei mulai dari pukul 08.00 s/d 17.00 dan acara ini merupakan salah satu gelaran untuk memperingati hari jadi Museum Geologi yang ke-84. Adapun acara peringatan hari jadi Museum Geologi dimulai sejak tanggal 16 Mei sampai tanggal 18 Mei dengan jadwal sbb:

  • Public Lecture (Kamis, 16 Mei 2013)
  • Kegiatan Gerak Jalan dan Penanaman Pohon (Jumat, 17 Mei 2013)
  • Geotrek (Sabtu, 18 Mei 2013)
  • Pameran geo fest (Sabtu, 18 Mei 2013)



Sayang banget saya dateng ke-sore-an jadi acaranya udah sepi. :( Tapi masih ada beberapa stand yang seru buat dikunjungi.
Benda yang mirip wajan ini punya pegangan di sisi kiri-kanan-nya yang kalau digosok-gosok pake tangan, air di dalam wajannya akan bergemericik ^^


Bola dunia (globe) ini sangat ajaib, sekilas terlihat biasa saja namun bila dilihat dari dekat bola dunia ini melayang tanpa ditahan penyangga apapun. Wow sekalii~ :o
poster bagian kiri ini adalah petunjuk bagaimana memanfaatkan panel surya untuk pertanian :)
sedangkan poster bagian kanan adalah pesan moral untuk anak muda :))

Selesai keliling booth yang ada di sana, saya iseng-iseng jalan-jalan di sekitaran Diponegoro dan snaps some pictures. ^^ Sampe akhirnya nyasar ke Rumah Buku dan memboyong 3 buku sekaligus :) *kalap diskon*

Well, di hari Sabtu suasana di Jalan Diponegoro sore ini cukup lengang meskipun banyak acara di sekitaran jalan ini. Di Lapangan Gasibu sendiri sedang ada acara HUT Kodam, di sekitaran RRI dan Pusdai juga Hotel Mitra ada acara kawinan plus panggung hiburan. Tapi so far tidak menimbulkan kemacetan malah lancar-lancar ajja. Padahal biasanya hari Sabtu a.k.a menjelang malam minggu jalanan Kota Bandung selalu macet. Mungkin karena sore ini cuaca sedikit gerimis dan mendung jadi tidak begitu padat.

Balik lagi ke Museum Geologi, museum ini satu-satunya Museum Geologi di Indonesia dan setiap harinya selalu dipenuhi siswa-siswa SD, SMP, dan SMA dari berbagai daerah di Indonesia. Kondisi museum ini selalu mengalami peningkatan. Pertama kali mengunjungi museum ini sewaktu di bangku SD kondisinya masih standar biasa aja. Sewaktu kuliah mampir ke museum ini juga kondisinya tidak banyak berudah dengan kali terakhir datang ke sini. Sampai di tahun 2013 kembali mengunjungi museum ini, sudah ada fasilitas digital screen di area lantai 2 di bagian sayap kanan dan bagian sayap kiri masih dalam tahap renovasi.

Dulu, untuk masuk ke Museum Geologi ini tidak dipungut biaya masuk tapi sekarang diberlakukan peraturan baru. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 9  Tahun 2012 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, maka terhitung mulai 1 September 2012, Museum Geologi memberlakukan Tiket Masuk ke Museum Geologi.


Harga Tiket Masuk ke Museum Geologi dibagi menjadi tiga kategori :
1. Pelajar/Mahasiswa    :  Rp.  2.000,-  (dua ribu rupiah)
2. U m u m                    :  Rp.  3.000,-  (tiga ribu rupiah)
3. Asing/Pelajar Asing    :  Rp. 10.000,-  (sepuluh ribu rupiah)

Jadwal buka loket penjualan tiket :
Senin - Kamis       08.00 - 15.30
Sabtu - Minggu     08.00 - 13.30
Hari Jum'at dan libur nasional, Tutup.

So, kalau punya waktu luang ga ada salahnya mengunjungi museum-museum yang ada di Kota Bandung khususnya Museum Geologi ini. ^^ Menurut kabar yang berasal dari sumber terpercaya, ada 30 museum yang tercatat di wilayah Jawa Barat dan ada 10 museum lagi yang akan didirikan. Semua museum akan diwajibkan untuk membuat paket wisata museumnya masing-masing. Juga beberapa desa di Cirebon yang berpotensi untuk dijadikan 'museum terbuka' ^^ seru kaaan~!


Jadi, mari kita galakkan Visit Museum dan kita naikkan kembali citra museum di Jawa Barat khususnya juga di Indonesia. :)


More info about Geology Museum, click HERE. Ada juga Asosiasi Museum Indonesia (AMI) yang bisa diakses disini.

See you in Museum guys~ xoxo (girl who loves to get lost in any museum *nerd* ^^)

0 komentar:

Posting Komentar